Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk SmartPhone Blackberry dan SmartPhone Samsung Android dan Bagaimana Konsumen Mendapatkan Segmentasi Kepuasan Maksimal pada Produk Tersebut
A. Latar
Belakang
Di
era modern sekarang handphone bukanlah barang yang langka, hampir semua jenis
merek handphone, tipe bahkan bentuk dapat ditemui. Tentu saja semakin
berkembangnya zaman semakin canggih pula teknologi yang digunakan pada
perangkat device tersebut, sebut saja “smartphone” perangkat ini sangatlah
digandrungi oleh masyarakat sekarang yang tentunya mereka tertarik dengan
teknologi yang digunakan pada perangkat smartphone tersebut.
Merek perangkat smartphone
yang sedang menjadi bahan perbincangan sekarang dapat kita sebut saja seperti
Blackberry dan Samsung. Merek ini menggunakan dua sistem operasi yang berbeda
tentunya juga memberikan teknologi yang berbeda pula.Blackberry
yang terkenal dengan sistem operasi Blackberry yang menyediakan layanan
chatting ataupun layanan internet social yang lainnya contohnya saja Blackberry
Messenger layanan ini mengizinkan pengguna antar BB user berinteraksi secara
bebas dan sepuasnya dengan menggunakan layanan Blackberry Internet Service
(BIS). Sedangkan Samsung terkenal lewat sistem operasi Android. Sistem operasi
yang menyediakan banyak layanan hiburan dan jejaring social media lainnya lewat
app store yang hanya dapat di akses pada perangkat smartphone tersebut.
Dua merek
smartphone ini masih menjadi pilihan masyarakat dalam memenuhi kepuasan
terhadap penggunaan teknologi dan komunikasi.
B. Perilaku
Konsumen Terhadap Produk Smartphone Blackberry dan SmartPhone Samsung Android Bagaimana Konsumen Mendapatkan Segmentasi Kepuasan Maksimal pada Produk Tersebut
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan
pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga
jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan
pertimbangan yang matang.
Sebelum membeli produk konsumen pastinya melewati
suatu proses pengambilan keputusan pembelian. Konsumen pastinya memilih produk
yang memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi. Produk smartphone Blackberry
merupakan produk yang menyediakan layanan internet yang cocok untuk bisnis,
produk ini cocok untuk para konsumen yang membutuhkan komunikasi jaringan yang
luas untuk memudahkan bisnisnya sedangkan produk smartphone Samsung android lebih
cocok untuk konsumen yang membutuhkan hiburan dan layanan internet lainnya.
Kepuasan konsumen adalah suatu keadaan dimana
keinginan, harapan, dan kebutuhan konsumen dipenuhi suatu pelayanan dinilai
memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan
konsumen. Konsumen tentu saja ingin mendapatkan kepuasan maksimal terhadap produk
yang telah dibeli. Konsumen akan merasa puas jika produk tersebut dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan tentunya dengan layanan yang disediakan oleh merek
tersebut. Konsumen haruslah tahu produk mana yang benar-benar bisa memenuhi
kebutuhan tentunya juga melihat dari segi kualitas dan harga.
Komentar
Posting Komentar